charset ?>"> Tentang KPKNL Bukittinggi

Tentang KPKNL Bukittinggi

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi terbentuk pada tahun 2002 dengan nama Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang Negara (KP2LN) Bukittinggi berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 445/KMK.01/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara dan Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang Negara. KPKNL Bukittinggi pada saat itu merupakan unit pelayanan vertikal di bawah Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN).

Pada tahun 2006, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/PKM.06/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan terjadi reorganisasi dengan adanya perubahan nomenklatur dari DJPLN menjadi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Perubahan tersebut juga mengakibatkan berubahnya nomenklatur KP2LN Bukittinggi menjadi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi. KPKNL Bukittinggi merupakan instansi vertikal DJKN di bawah Kantor Wilayah Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau(Kanwil DJKN RSK).

Sejak tanggal 27 Januari 2014 KPKNL Bukittinggi telah menempati gedung baru dengan alamat Jalan Muhammad Yamin Nomor 60 Aur Kuning, Bukittinggi.

KPKNL Bukittinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya mempunyai 8 (delapan) wilayah kerja kota dan/atau kabupaten di Propinsi Sumatera Barat bagian utara, yaitu Kota Bukittingggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Panjang, Kabupaten Payakumbuh, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Kepala KPKNL Bukittinggi saat ini adalah Syukriah HG. Kepala kantor dibantu oleh: Kasubbag Umum Bona Putra; Kasi Pelayanan Penilaian M. Irfan Ardiansyah; Kasi Pengelolaan Kekayaan Negara Sutarmin; Kasi Pelayanan Lelang Chrisnandar; Kasi Piutang Negara Yaslizar; Kasi Hukum dan Informasi Dian Marudut; dan Kasi Kepatuhan Internal Januardo S.

Selain melaksanakan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya, KPKNL Bukittinggi juga melaksanakan kegiatan lain yang bersifat kekeluargaan dan olahraga, misalnya futsal, sepeda santai, badminton, dan jalan santai.

KPKNL Bukittinggi berada di Kota Bukittinggi yang merupakan kota tujuan wisata domestik maupun manca negara. Selain terkenal dengan keindahan alamnya yang menjadi tujuan wisata alam, Bukittinggi juga terkenal sebagai tujuan wisata sejarah. Selain itu, Bukittinggi terkenal juga sebagai tujuan wisata belanja, misalnya kerajinan border baso dan songket silungkang. Belakangan Bukittinggi juga terkenal sebagai produsen batu mulia bernama batu sungai dareh.

Objek-objek wisata di Bukittinggi dan sekitarnya, antara lain: Jam Gadang, Lobang Jepang, Ngarai Sianok, Lembah Harau, Kelok Sembilan, Danau Maninjau, Danau Singkarak, Rumah Bung Hatta, Istana Pagaruyung, dan lain-lain .